Mari Mengenal Jenis-jenis Burung Kenari

Jenis-jenis Burung Kenari yang Bisa Kita Jadikan Peliharaan

Sebelum mengetahui cara merawat burung Kenari, kita mungkin masih bingung dalam menentukan jenis burung Kenari yang akan dijadikan peliharaan. Saat ini di kalangan penggemar Kenari di tanah air, dikenal 12 jenis burung Kenari–baik jenis lokal maupun impor–yang bisa dipelihara. Berikut penjelasannya:

1. Burung Kenari Holland (Kenari Warna)
Kenari Holland atau Kenari Warna memiliki panjang tubuh sekitar 13 – 15 cm. Jenis ini terkenal sebagai burung Kenari dengan warna bulu yang beragam. Mulai dari putih, abu-abu tua, merah wortel, abu tua, oranye, hijau, kuning, dan coklat. Tak hanya warnanya yang indah, Kenari Holland juga memiliki suara yang tebal, bervariasi, dan alunan yang mengulang sehingga sangat baik jika kita ingin mengajaknya beradu di kontes burung.

2. Burung Kenari Merah
Jenis Kenari ini diselimuti bulu berwarna merah yang sangat indah saat dipandang. Panjang maksimalnya mencapai 14 cm dan sering dikenal sebagai kenari kontes corak warna atau keindahan bulu.

3. Burung Kenari Roller
Mayoritas burung jenis ini berwarna kuning, hijau, atau campuran keduanya. Panjang badannya sekitar 12 – 12,5 cm dan terkenal sebagai burung penyanyi. Kenari Roller memang memiliki warna suara yang berfrekuensi rendah, jernih, iramanya panjang, dan paruhnya cenderung tertutup ketika sedang bernyanyi.

4. Burung Kenari Frill
Ciri khas kenari Frill ada pada bulunya yang tumbuh terbalik ke atas sehingga terlihat berjumbai-jumbai. Dibanding kenari lainnya, jenis ini memiliki ukuran yang lebih bervariasi. Mulai dari 11 cm, 15 cm, hingga 20 cm.

5. Burung Kenari Stafford
Burung berukuran 12,7 cm ini mempunyai jambul di kepalanya dengan warna bulu yang bervariasi. Ada yang berwarna merah, mosaik atau berpola, coklat, pastel, coklat susu, abu-abu serta warna bont (lebih dari satu warna). Itulah sebabnya, kenari Stafford kerap dikonteskan keindahan warna dan karakter tubuhnya.

6. Burung Kenari Gloster
Kenari Gloster termasuk jenis yang cukup mudah diingat karena memiliki ciri khas yaitu bulu di kepalanya terlihat seperti rambut manusia. Beberapa penggemar burung Kenari menyebutnya berbentuk seperti topi. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 11,5 cm serta mempunyai volume suara yang kecil.

7. Burung Kenari Yorkshire
Kenari yorkshire berhasil menarik perhatian penggemar Kenari di Indonesia sejak lama. Tubuhnya terlihat lebih besar dan gagah dibandingkan jenis kenari yang lain. Ukurannya sendiri berkisar antara 16 – 18 cm. Kenari Yorkshire juga dikenal sebagai burung yang dibanderol dengan harga tinggi, yaitu sekitar Rp5.000.000 – Rp10.000.000 per ekornya!

8. Burung Kenari Persia (Kenari Rasmi)
Kenari Persia atau Kenari Rasmi adalah jenis Kenari dengan ukuran tubuh sekitar 15 cm. DI kalangan kenari mania, jenis ini biasanya dibagi ke dalam 3 kelas. Pertama Kelas A yang dihasilkan oleh para penangkar profesional. Kedua Kelas B yang dihasilkan para penangkar semi profesional. Terakhir, Kelas C yang dihasilkan para penangkar amatir.

9. Burung Kenari Lancashire (Kenari Raksasa)
Kenari Lancashire ini dijuluki sebagai Kenari Raksasa karena ukuran tubuhnya bisa mencapai 20 cm. Warna bulunya kuning dengan sayap dan ekor yang panjang. Sebagian kenari jenis ini ada yang memiliki jambul, tapi ada juga yang tidak berjambul.

10. Burung Kenari Border
Berbeda dari jenis lainnya, Kenari Border identik dengan bentuk fisik yang unik dan khas. JIka dilihat dengan teliti, Kenari Border mempunyai bulu yang mengembung sehingga tampak seperti balon. Namun keunggulannya bukan ini saja, sebab suara dari kenari Border juga terbilang merdu. Mayoritas kenari jenis ini memiliki warna bulu putih, hijau, cinnamon, kuning, dan lain sebagainya.

11. Burung Kenari Taiwan
Merupakan jenis kenari yang bulunya berwarna kuning serta terlihat kasar. Ukuran tubuhnya berkisar antara 14 – 15 cm. Sayangnya, suara kenari Taiwan tidak terlalu bisa diandalkan dalam kontes.

12. Burung Kenari Silangan Lokal
Jenis burung kenari yang terakhir ini merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis kenari yang dikembangkan di tanah air.

Selain burung kenari, ada banyak lagi jenis burung yang ada di Indonesia.

Demikian Postingan tentang Mengenal Jenis-jenis Burung Kenari yang perlu kita ketahui.

Previous Post
Next Post